Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami Tanpa Harus Ke Dokter

Apa itu batuk berdahak?

Batuk adalah cara alami tubuh untuk membersihkan alur pernapasan. Jika udara yang Anda hirup kotor atau ada zat-zat asing yang dapat mengganggu pernapasan anda, maka anda akan mengalami batuk. Dengan begitu, zat-zat asing tersebut menyingkir dan keluar dari tubuh. Zat asing yang biasanya mengganggu alur pernapasan adalah lendir, yaitu cairan licin berserat. Lendir yang menumpuk di tenggorokan atau di paru-paru sering kali menyebabkan batuk berdahak.

Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur yang menyerang saluran pernapasan. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit pilek atau flu, dan penyakit parah yang perlu perawatan lebih lanjut, seperti bronkitis, pneumonia, dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronis). Untuk menyingkirkan hal -hal tersebut seperti  lendir yang berlebihan  dari saluran pernapadan, ada beberapa obat batuk berdahak alami, di antaranya:

1. Air putih hangat




2. Madu


Manfaat madu memang begitu banyak dan benar adanya, salah satunya sebagai obat batuk berdahak alami. Karena madu memiliki sifat antiradang yang bermanfaat untuk mengobati pilek dan batuk berdahak. Selain itu, obat batuk berdahak alami ini juga memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah infeksi bakteri penyebab batuk berdahak lebih parah.

Selain bisa di makan secara langsung, Anda bisa membuat mencoba madu sebagai obat batuk berdahak alami dengan cara mencampurkan dua sendok teh madu ke dalam segelas air. Lalu, meminumnya secara rutin setidaknya satu sampai dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon/jeruk supaya rasanya jadi lebih segar.

Jika Anda bosan dengan obat batuk berdahak alami seperti air putih, air madu juga bisa menjadi alternatif lainnya. Air putih yang terasa begitu hambar akan terasa manis dan enak jika ditambahkan madu dan lemon. Minuman berasa ini tentu meningkatkan asupan cairan sehingga lendir jadi encer dan mudah dikeluarkan.

Penting untuk dicatat bagi orang dewa bahwasanya, obat batuk berdahak alami dari madu tidak aman untuk di konsumsi pada anak di bawah usia 1 tahun. Jadi, obat alami untuk batuk berdahak ini hanya dianjurkan bagi orang dewasa dan anak-anak usia di atas 5 tahun.

3. Jahe


Obat untuk batuk berdahak biasanya menyebabkan ngantuk atau puyeng pada beberapa orang yang sering mengonsumsi obat resep dokter. Jika Anda kurang nyaman dengan efek samping obat itu, tidak ada salahnya untuk mencoba obat batuk berdahak alami dari jahe. Rempah yang pedas ini terbukti efektif untuk memberikan manfaat pada sistem pencernaan dan pernapasan.

Jahe termasuk analgesik alami, yakni dapat meredakan rasa gatal dan sakit di tenggorokan. Selain itu, panas menyengat dari obat batuk berdahak alami ini juga dapat membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan yang membuat Anda terus-terusan batuk.

Tidak hanya itu, kandungan jahe juga bisa melemaskan otot sekitar tenggorokan dan rahang yang menegang karena terus batuk. Anda bisa membuat obat batuk berdahak alami dari teh jahe, wedang jahe, sekoteng, atau membuat sup ayam jahe yang hangat.

4. Bawang putih


Bawang putih tidak hanya dikenal sebagai penyedap makanan, namun juga sebagai obat batuk berdahak alami. Jika Anda tidak bermasalah dengan bau bawang putih yang sangat menyengat, Anda bisa mencoba obat batuk berdahak alami dari bawang putih.

Kandungan nutrisi bawang putih dapat mempercepat tubuh untuk pulih dari flu atau pilek, penyebab flu. Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari obat batuk berdahak alami ini, yaitu allicin.

Senyawa tersebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak. Sifat antimikroba dan antiradang pada bawang putih ini dinilai ampuh sebagai obat batuk berdahak alami karena dapat melawan infeksi yang bersarang di tenggorokan Anda.

5. Air garam


Penyedap makanan yang sangat mudah dan selalu ada  di dapur ini bisa dijadikan obat batuk berdahak alami. Berkumur air garam dapat membantu menghilangkan dahak yang memenuhi tenggorokan Anda. Racikan obat batuk berdahak alami ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan.

Cara membuat obat batuk berdahak alami ini cukup mudah, hanya mencampurkan segelas air hangat dengan setengah sampai tiga perempat sendok teh garam. Aduk hingga rata dan kumur-kumur dengan larutan ini.

Saat berkumur-kumur, pastikan kepala Anda menghadap ke atas supaya larutan air garam obat batuk berdahak alami ini mencapai bagian dalam mulut. Setelah beberapa detik, buang sisa larutan garam dalam mulut Anda. Nah supaya ampuh, lakukan cara berkumur dengan obat batuk berdahak alami ini secara rutin, beberapa kali dalam sehari.

Jangan berikan larutan obat batuk berdahak alami pada anak yang masih kecil atau masih di bawah umur 5btahun. Kenapa? karena Anak-anak belum tahu caranya untuk berkumur-kumur dengan benar. Jika larutan ini terminum, asupan natrium anak bisa berlebihan. Selain itu, bakteri yang ada di larutan bukannya terbuang tetapi malah ikut masuk ke dalam perut.

6. Buah nanas


Buah nanas tidak hanya enak buat dijadikan jus, penyedap masakan, pelengkap rujak, bahkan selai. Buah ini juga bisa dijadikan obat batuk berdahak alami. Sayangnya, masih banyak yang percaya bahwasanya jika memakan buah nanas bisa membuat lidah gatal.

Ya, itu bagi orang-orang yang memiliki alergi terhadap buah ini, kemungkinan besar akan mengalami reaksi alergi setelah memakannnya. Namun, pada orang tanpa alergi, gatal di lidah atau bibir juga bisa terjadi. Jangan khawatir, hal itu wajar. Anda bisa menghilangkan rasa gatal saat memakan buah nanas dengan melumuri permukaannya dengan garam secara tipis-tipis.

Nanas bisa menjadi obat batuk berdahak alami karena mengandung bromelain yang kaya dengan senyawa antiinflamasi yang juga bersifat mukolitik, yakni dapat memecah lendir yang mengeluarkannya dari tubuh.

Anda bisa mendapatkan manfaat nanas sebagai obat batuk berdahak alami dengan membuat jus nanas dan meminumnya secara rutin. Bila Anda sedang menggunakan antibiotik khusus atau minum obat pengecer darah, sebaiknya menghindari menggunakan buah nanas sebagi obat batuk berdahak alami.

Selain menggunakan obat batuk berdahak alami ada juga berikut ini tips yang bisa kalian gunakan agar batuk berdahak kalian bisa cepat sembuh.

1. Pastikan udara di sekitar tetap lembap

Selain ekstra lendir yang mengganggu, batuk berdahak juga akan terus terjadi karena dipicu oleh kualitas udara yang buruk. Udara yang kering menyebabkan Andalebih mudah terkena batuk.

Selain dengan obat batuk berdahak alami, Anda bisa pakai humidifier di kantor atau pun kamar Anda supaya udaranya tetap lembap. Jangan lupa untuk membersihkan humidifer supaya uap udara yang dihasilkan tetap bersih dari bakteri atau jamur.

2. Jaga tubuh tetap hangat

Selain minum air hangat atau makan sup, Anda juga bisa melegakan tenggorokan dan pernapasan akibat batuk berdahak dengan mandi atau berendam dengan air hangat. Namun, jangan terlalu lama karena bisa membuat kulit Anda kering. Setelahnya, minum segelas air putih sebagai obat batuk berdahak alami supaya Anda tidak kekurangan cairan.

Langkah selanjutnya, jaga tubuh Anda tetep hangat. Kenapa? Suhu tubuh yang menurun hingga membuat Anda kedinginan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Ini membuat tubuh Anda tidak maksimal melawan infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan batuk berdahak.

Bersamaan dengan mengonsumsi obat batuk berdahak alami secara rutin, segera keringkan tubuh, terutama ketika rambut Anda yang basah. Kemudian pilih pakaian yang lebih tebal atau tertutup supaya tubuh tetap hangat.

3. Jangan terlalu banyak minum susu

Sebenarnya minum susu tidak membuat produksi dahak bertambah. Namun, susu dapat membuat lendir menebal dan membuat tenggorokan terasa mengganjal. Namun, ini tidak berarti Anda tidak boleh minum susu.

Nutrisi yang ada pada susu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sama halnya dengan beberapa obat batuk berdahak alami. Ini membantu tubuh Anda lebih cepat pulih dari batuk. Namun, jangan minum susu terlalu banyak karena tidak akan baik bagi tubuh.

Komentar